Ayo Belajar Java | Part 2 : Tipe Data dan Variable

Belajar bahasa Pemrograman butuh banyak praktek.

Ga banyak praktek = Ga akan pernah bisa

java

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan macem-macem tipe data apa aja yang ada di java dan seperti apa itu variable di dalam pemrograman java.

Ok, langsung aja. Pertama akan dibahas tipe data apa aja yang ada di java. Ada banyak banget tipe data di java, jadi kita bisa punya banyak pilihan tipe data apa yang paling cocok buat  dipake di dalem program yang kita buat.

Baca lebih lanjut

Ayo Belajar Java | Part 1 : Hello World dan Elemen Dasar

Setelah ber abad – abad , akhir nya saya posting lagi di blog ini –>  lebai  :mrgreen:    . Tapi beneran udah lama ga posting lagi, liat aja tanggal terakhir postingnya 🙄

Untuk postingan kali ini saya akan membantu temen-temen, adik-adik, mas-mas, tante-tante 😀  atau siapa pun yang lagi pengen belajar java (saya sebutnya temen-temen aja yah? –> biar sok lebih akrab gitu 😆 ). Di sini saya akan share apa yang saya udah tau dan sudah dapat kan di kuliah .. ( biar dikit yang penting berbagi 🙂 )

Hello World!

Okelah langsung saja.. di sini saya berasumsi bahwa  temen-temen sudah menginstall JDK(Java Development Kit) dan Java IDE ( Integrated Development Envorment) favorit temen-temen.. Mohon maaf ya caranya ga saya jelasin. Referensi nya banyak kok 😀 , buka aja link ini ! hehehe, pasti banyak referensinya 😛

lanjut baca selengkapnya ya.. 😀

Baca lebih lanjut

Superman Pengen Kuliah

superman-copy Ketika demo program untuk kuliah Struktur Data beberapa waktu yang lalu, ada sebuah kasus iseng menarik yang diberikan oleh Mas Andre dan Mbak Anggi kepada saya dan teman – teman yang lain. Saya dan teman-teman yang maju selalu diberikan kasus ini dan diminta untuk menyelesaikannya. Hmm.. Sepertinya ini jadi pertanyaan bonus..

Saya coba ceritakan kembali kasusnya di sini :

Ceritanya begini .. . Ada manusia dan ada mahasiswa. Mahasiswa adalah turunan dari manusia. Kemudian tiba – tiba muncullah makhluk bernama Suparman Superman, yang merupakan turunan dari manusia super sehingga superman ini memiliki kekuatan – kekuatan yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh manusia. Nah, si Superman ini di ingin menjadi mahasiswa, dia ingin dibilang orang-orang sebagai mahasiswa. Tetapi dia ingin tetap menjadi manusia super yang luar biasa.

PERTANYAANNYA : Bagaimana solusinya agar Superman bisa menjadi manusia tanpa menghilangkan kekuatan supernya (berarti tidak boleh meng-extends manusia) ??     Baca lebih lanjut

UAS Tinggal Menghitung Hari. . .

Postingan kali ini saya buat untuk temen-temen seperjuangan di semester 3 (Genesis) yang lagi bersiap-siap untuk menghadapi UAS.

Nggak terasa waktu bergulir sangat cepat sekali, sekarang sudah memasuki tahun baru. Yang artinya UAS tinggal mengitung hari saja .. (bisa diitung pake jari). Gimana persiapan temen-temen semua? Sudah siapkah Anda? Sudah siapkah dengan 6 sampai 7 mata kuliah yang temen –temen ambil? Ayoo Semangat!! Kalian harus Bisa !! (gue juga).

Semester kali ini rasanya nggak kalah beratnya dengan semester 2. Ya apalagi kalu bukan gara-gara Final Project Alpro. Bayangkan kita disuruh membuat sebuah aplikasi dengan 4 algoritma yang sudah diajarkan dalam waktu yang sangat singkat, dikumpul tanggal 10 guys!! Dan FP tersebut hanya 50% dari nilai UAS , untuk 50% sisanya kita masih harus menghadapi ujian tulis (Kelas Bu Iin) dan membuat program lagi (Kelas Bu Reni). Oh God, dan masalahnya kita jika masih harus belajar untuk mata kuliah yang lainya.. sedangkan untuk menyelesaikan FP itu butuh waktu yang tidak sedikit, bisa bisa ga tidur berhari-hari. But it is Life! Butuh perjuangan ! seringkali banyak hal-hal berat yang harus kita hadapi, tapi Ingat! Hal sangat berat bukan berarti Hal tersebut Mustahil untuk dilakukan! Ayo kita bisa! Dan harus tetep semangat.

Buat yang belum nyatet jadwal UAS , nih aku kasih jadwalnya (versi 15 Desember 2008). Mudah mudahan nggak ganti lagi. Kalau ada perubahan atau informasi baru tolong beritahu ya! Tulis di comment halaman ini saja, biar semua bisa lihat. Baca lebih lanjut

Mempercantik Tampilan Adobe Potoshop

gambarIngin sedikit ganti suasana ketika menggunakan Adobe Potoshop? Buat yang belum tahu dan pengen tahu, sebenarnya kita dapat mengganti warna menu-menu yang terdapat dalam Adobe Pothosop CS2 ke atas. Kalau dalam Potoshop CS saya belum tahu bisa atau tidak, belum pernah nyoba soalnya 🙂 . Yang jelas untuk Adobe Potoshop7 ke bawah hal ini tidak bisa dilakukan.

Lalu bagaimana caranya? Mudah saja. Yang pertama harus dilakukan dan sangat penting adalah buka Adobe Potoshop anda!! ( ya iyalah 😀 ).

Baca lebih lanjut

Coin Changing Problem

Kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang Coin Changing Problem. Yang saya jelaskan kali ini berdasarkan apa saya yang saya tangkap dari beberapa referensi dan beberapa penjelasan dari asisten praktikum. Penyelesaian permasalahan menggunakan Greedy Algorithm. Kali ini saya juga akan menyertakan pseudocode versi saya. Selamat Belajar..

Baca lebih lanjut